Jangan Simpan Data/Files di Flashdisk Kecuali di Google Drive

Masih simpan data, file, atau dokumen berupa foto dan video kenangan keluarga di dalam flashdisk? Atau disimpan di Hard Disk Drive (HDD) dan SSD, mungkin? Yakin masih begitu?

Jika ditanya, pilihan saya pasti akan menyimpannya di Google Drive. Maka, dimulai dari sini, muncullah sebuah pertanyaan: "Kok begitu? Apa alasannya?"

Jangan Simpan Data/Files di Flashdisk Kecuali di Google Drive

Tidak Mudah Hilang atau Terhapus


Alasan utama mengapa saya menyimpan seluruh berkas foto dan video serta data-data penting lainnya di Google Drive karena penyimpanannya dilakukan di cloud storage.

Cloud storage adalah layanan penyimpanan data atau file di internet dengan cara menggunakan jasa perusahaan penyedia layanan cloud computing. Dengan begitu, kita bisa mengakses data/file tersebut di mana saja selama ada koneksi internet.

Dengan cloud storage, kita tidak perlu takut kehilangan atau terhapusnya data-data yang sudah disimpan. Apalagi layanan yang digunakan adalah layanan yang dibuat oleh Google yakni Google Drive. Praktisnya, keamanannya sudah terjamin.

File dan Data Aman dari Virus Berbahaya


Harus diakui kalau flashdisk, SSD, dan HDD rentan bervirus karena untuk menggunakannya kita harus memasang atau menghubungkannya dengan komputer maupun laptop. Pergantian antar PC inilah yang mengakibatkan perpindahan virus menjadi rentan.

Berbeda halnya dengan cloud storage, di mana kita gak perlu lagi menghubungkannya ke perangkat PC, karena untuk mengaksesnya cukup terkoneksi ke internet. Selanjutnya akses website Google Drive untuk mendapatkan berbagai dokumen yang sudah disimpan sebelumnya.

Mudah Berbagi Data dan Files


Selain itu, Google Drive juga memungkinkan kita untuk berbagi data dan files ke orang lain dengan sangat mudah.

Pada folder atau file tertentu, tekan menu titik tiga, pilih bagikan, pilih salah satu di antara keduanya: bagikan atau salin tautan (link).

Jangan Simpan Data/Files di Flashdisk Kecuali di Google Drive

Alternatif Selain Google Drive


Selain Google Drive, cloud storage terbaik yang bisa saya rekomendasikan yakni:

  • Dropbox
  • Microsoft OneDrive
  • TeraBox

Terhitung sampai saat ini, saya sudah menggunakan 3 pilihan di atas dan Google Drive. Berarti ada 4 cloud storage yang pernah dicoba. Lalu, kenapa pilihan saya jatuh kepada Google Drive?

Kenapa Simpan di Google Drive?


Sederhananya karena Google Drive itu dimiliki dan dilindungi oleh Google. Kita tahu 'lah ya kalau Google gak main-main dengan teknologi. Mereka juga enggan membuat kecewa para penggunanya.

Keamanan dan perlindungan Google soal data juga gak bisa dianggap remeh. Sebagai buktinya, insya Allah akun Google saya tidak pernah ditembus (dihack) oleh orang-orang iseng.

Punya pilihan lain selain dari Google Drive? Boleh, banget!
Arief Ghozaly
Arief Ghozaly Blogger sejak 2014 - Suka Menulis, Membaca, SEO, Berbagi Cerita, Pengalaman, Eksplorasi, dan Kopi.

Posting Komentar untuk "Jangan Simpan Data/Files di Flashdisk Kecuali di Google Drive"