Sejarah Saya Ngeblog Pertama Kali

Semuanya berawal dari SMP, di mana seluruh koleksi majalah FEMINA yang dimiliki oleh ibu saya, semuanya tuntas saya baca. Saat itu, mungkin ada 40 majalah yang ditumpuk di lemari.

Di momen ini, saya tidak menyadari kalau saya hobi membaca.

"Enak dan seru juga ya membaca berbagai buku," belum terlintas di pikiran saya. Selama ada koran bekas, majalah, dan buku-buku tertentu, pasti saya tuntaskan bacaannya.

Apalagi di jaman itu keluarga saya masih berlangganan koran harian.

Sejarah Saya Ngeblog Pertama Kali

Begitu juga ketika sekolah di SMK dulu (kebetulan jurusan TKJ). Adanya laptop dan tersedianya WIFI gratis di sekolah membuat saya sering mengoleksi artikel-artikel unik dan menarik di Google untuk disimpan di laptop. Sesampainya di rumah, betul, saya baca artikel-artikel yang sudah disimpan sebelumnya.

Sampailah momen ketika memasuki kuliah. Di momen ini saya baru menyadari kalau saya ini suka membaca. Terlintas di pikiran, kenapa gak menulis di blog saja? Dengan menulis, semua orang bisa membaca tulisan kita ciptakan (terlepas apa yang ditulis oleh konten kreatornya).

Mulailah saya membuat blog gratis di blogger.com (blogspot.com).

Waktu itu blog pertama saya beralamatkan https://ariefghozaly.blogspot.com/ (sudah tidak bisa digunakan lagi). Isi artikelnya random, salah satunya perjalanan hidup Nabi Muhammad ๐Ÿ˜‘

Gak masuk akal! Orang biasa, tidak pernah mengenyam pendidikan dasar Islam (dayah/pesantren) tapi berani-beraninya bahas tentang agama. Bodoh sekali saya.

Setelah memasuki fase membuat konten artikel, barulah saya dibuat galau mau dikemanain "diri saya" ini. Buat blog itu gampang, tapi bingung blog tersebut mau dimuat artikel tentang apa. Ibarat membangun sebuah pondasi tapi bingung apakah pondasi tersebut mau dibuatkan hotel, apartemen, atau rumah pribadi.

Beberapa bulan kemudian, akhirnya saya menemukan topik yang paling pas bagi saya. Apa itu? Tentang Blogger dan SEO, sebuah ilmu yang mempelajari dunia blogging (ngeblog itu sendiri). Boleh tahu blognya yang mana? Rahasia negara, pak ๐Ÿ˜

Selain itu, saya juga punya beberapa blog, salah satunya adalah blog yang kalian kunjungi saat ini: blog saya sendiri.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya ceritakan soal sejarah ngeblog saya pertama kali. Kalau ada yang ingin ditanyakan, silakan tinggalkan pertanyaannya di kolom komentar yang sudah disediakan.
Arief Ghozaly
Arief Ghozaly Blogger sejak 2014 - Suka Menulis, Membaca, SEO, Berbagi Cerita, Pengalaman, Eksplorasi, dan Kopi.

Posting Komentar untuk "Sejarah Saya Ngeblog Pertama Kali"