Pengalaman Bimbingan Nikah di Aceh

Mau menikah tapi takut waktu ditanya seputar agama Islam? Contohnya rukun Islam, rukun iman, syahadat yang benar, doa mandi wajib, dan cara salat yang benar?

Atau... takut waktu disuruh baca al-Qur'an? ๐Ÿ˜‹

Apa itu Bimbingan Nikah?


Pengertian bimbingan nikah (atau: pra nikah) adalah sebuah program pemerintah yang berisi pemberian materi untuk calon pengantin dalam mempersiapkan diri membangun keluarga dengan pondasi yang kuat; dimulai dari segi agama, ekonomi, sosial, hingga kesehatan.

Pengalaman Bimbingan Nikah di Aceh
https://www.gumpalannews.com/

Kalau ditanya apakah bimbingan nikah wajib atau tidak, menurut saya, WAJIB karena bimbingan yang dimaksudkan di sini adalah bekal kita di kemudian hari. Ada banyak hal yang tidak terlintas di pikiran, kemudian "dibukakan" ketika mengikuti bimbingan pra nikah tersebut.

Bagaimana dengan pengalaman saya?

Pengalaman Bimbingan Nikah di Aceh


Pada hari itu, saya dan calon istri mendatangi kantor urusan agama (KUA) untuk mengikuti bimbingan nikah yang sebelumnya sudah ditentukan.

Semua materi seperti rukun Islam, rukun iman, bacaan do'a salat, dan lainnya; insya Allah sudah kami hapal dan kuasai. Pokoknya sudah di dalam kepala. Insya Allah kami berdua bisa mengaji al-Qur'an. Siap 100% waktu itu.

Begitu masuk ruangan, ya Allah ramai betul ๐Ÿ˜‚ Seingat saya ada belasan pasangan. Gak sampai 30 orang.

Saya kurang ingat materi apa yang dijelaskan. Pokoknya tentang kebaikan, tentang bagaimana caranya memperhatikan dan mengerti kondisi pasangan dalam keadaan tertentu, dan semacamnya. Banyak 'lah, pokoknya.

Yang paling saya ingat waktu itu adalah masing-masing dari kami dites baca doa mandi junub (mandi wajib). Alhamdulillah saya dan calon istri beserta calon-calon lainnya bisa menjawabnya dengan mudah.

Selebih itu tidak ada pertanyaan-pertanyaan lainnya. Cuma 1 saja. Cuma dites do'a mandi janabah.

Setelah mengikuti bimbingan nikah, masing-masing dari kami diberikan sertifikat bahwasanya kami sudah mengikuti bimbingan pernikahan di KUA. Dan siap melangkah ke tahap selanjutnya (akad nikah).

Berapa lama bimbingan nikah? Paling 2 jam. Nggak terasa lama, kok. Karena seseru itu di ruangan bimbingan nikah. Banyak lucu dan tawanya.

Betul, ada yang bilang kalau sebagian orang dites mengaji al-Qur'an sewaktu mengikuti bimbingan pernikahan. Pertanyaannya, kenapa harus takut? Bukan 'kah di umur 13-an kita semua sudah bisa mengaji meskipun terbata-bata? Insya Allah, pasti bisa!

Kalau tidak bisa membaca al-Qur'an, gimana? Bukan suatu perkara, kok. Tidak bisa mengaji bukan berarti kalian tidak boleh menikah. Artinya, tetap bisa menikah. Cuma alangkah baiknya, persiapkan segalanya dari awal. Muslim yang baik adalah muslim yang mau mengaji dan mau mempelajari isi al-Qur'an.
Arief Ghozaly
Arief Ghozaly Blogger sejak 2014 - Suka Menulis, Membaca, SEO, Berbagi Cerita, Pengalaman, Eksplorasi, dan Kopi.

Posting Komentar untuk "Pengalaman Bimbingan Nikah di Aceh"