Supaya Rajin Sholat, Bagaimana Caranya?

Bagaimana caranya supaya kita bisa rajin shalat atau sholat secara berjama'ah di masjid? Sebelum saya jawab, ada hal keliru yang mesti saya luruskan.

Supaya Rajin Sholat, Bagaimana Caranya?
https://umroh.com/

Shalat, Sholat, atau Salat?

Pasti pembaca sering terbolik-balik ketika mengucapkan atau menuliskan kata shalat, solat, sholat, dan salat.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), yang benar adalah salat. Alasannya karena sudah sesuai penulisannya. Bentuk kata tidak bakunya adalah solat, shalat, dan sholat.

Maka, yang benar adalah salat.

Supaya Rajin Sholat, Bagaimana Caranya?

Di sini saya hanya meluruskan tanpa membuat keributan, apalagi perdebatan sesama muslim.

Oke? Oke, sudah.

Baru 'lah kita masuk ke pokok pembahasan kali ini. Pertanyaannya, bagaimana caranya supaya kita bisa rajin salat secara berjamaah di masjid? Apa yang harus dilakukan?

Niat Berjama'ah yang Kuat


Pertama. Upaya pertama yang bisa kita lakukan agar kita bisa rajin salat secara berjama'ah di masjid adalah mengumpulkan niat berjama'ah yang kuat.

Niat merupakan peran utamanya.

Sering Salat Berjama'ah ketika Maghrib


Kedua. Yang kedua adalah sering-sering salat berjamaah di masjid ketika salat maghrib.

Bingung, 'kan, kenapa harus maghrib? Alasan kenapa maghrib dipilih, karena jama'ahnya pasti ramai. Situasi ramai inilah yang mendorong dan memacu kita untuk bergerak salat berjama'ah di masjid.

Pelan tapi pasti, lama kelamaan, pasti hati kita tergerak untuk salat berjama'ah di lain jadwal. Yang sebelumnya cuma sebatas salat jama'ah pas maghrib saja, besoknya hati tergerak untuk jama'ah ketika dzuhur tiba. Kemungkinannya pasti ada!

Sampai tibanya, kalau tidak salat 5 waktu di masjid, rasa-rasanya tidak tenang sama sekali. Seperti ada yang kurang, begitu ๐Ÿ˜

Belajar Gerakan Salat


Ketiga. Yang ketiga adalah kita harus belajar gerakan salat. Penting, 'kah? 100% sangat penting, mutlak.

Dengan belajar gerakan salat, membuat kita penasaran dan ingin mempraktikkannya secara langsung ketika benar-benar berada di dalam masjib. Hal-hal seperti inilah yang membuat hati kita tergerak untuk melangkahkan kaki ini ke dalam masjid.

"Tapi saya malu tanya gerakan salat, bang."

Kalau kalian mau belajar gerakan salat tapi bingung dan malu bertanya, coba cari praktik gerakan salatnya di youtube. Kalian bisa mengikuti arahan Ustadz Abdul Somad (UAS) atau Ustadz Adi Hidayat (UAH), pilih salah satu.

Beli Pakaian Khusus Salat


Keempat. Yang terakhir, keempat, cobalah untuk membeli pakaian khusus untuk salat. Dibilang penting, engga juga, kok. Cuma alangkah baiknya adalah menggunakan pakaian khusus untuk salat berjama'ah di masjid.

Yang perlu ditekankan di sini adalah salat bukan hanya sebatas menggerakan tubuh semata, karena pakaian juga turut diperhatikan. Salat itu 'kan merendahkan diri ke hadapan Allah, maka, pakaian juga harus dipilih-pilih.

Jadi, saran terbaiknya adalah beli pakaian khusus untuk salat. Kalau memang belum punya uang, gunakan pakaian terbaik yang ada di lemari. Semudah itu ๐Ÿ˜‰

Selain karena memang "tuntutan" di hadapan Allah, juga dijadikan sebagai faktor pendukung sebagai penambah semangat beribadah.

Begitulah caranya supaya kita rajin salat berjama'ah di masjid.

Perlu teman-teman ketahui, artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman saya. Dan itulah yang saya alami dan rasakan. Maaf andaikata ada kata-kata yang kurang berkenan. Omong-omong, punya pengalaman serupa?
Arief Ghozaly
Arief Ghozaly Blogger sejak 2014 - Suka Menulis, Membaca, SEO, Berbagi Cerita, Pengalaman, Eksplorasi, dan Kopi.

Posting Komentar untuk "Supaya Rajin Sholat, Bagaimana Caranya?"