Bingung Mau Gabung Komunitas Blogger yang Mana

Bingung Mau Gabung Komunitas Blogger yang Mana
Pixabay/Herbert2512

9 tahun lamanya saya ngeblog, belum pernah sekali pun saya bergabung dengan berbagai forum atau komunitas blogger karena menurut saya gak penting-penting banget.

Tapi, makin ke sini, kok rasa-rasanya ada keinginan untuk bergabung di salah satu di antara keduanya, ya! ๐Ÿ˜

Apa karena saya baru serius mengelola blog pribadi? Makanya, butuh teman yang betul-betul mengelola blog?

Gak tahu, deh!

Setelah dicari-cari, akhirnya ketemu! Dan bagaimana akhirnya? Harus diakui kalau saya memang tidak cocok untuk bergabung ke forum atau komunitas blogger. Alasannya cukup beralasan dan beragam.

Mayoritas Situsnya Gak Jelas


Rata-rata situs web forum atau komunitas blogger yang saya temui di Google, tidak jelas fiturnya, pemiliknya, dan postingannya.

Betul! Domain web dan jumlah anggotanya (member) mewakili apa yang disebut sebagai sebuah "komunitas".

Domainnya ada imbuhan kata "blogger" dan membernya berjumlah ratusan atau ribuan orang.

Masalahnya, yang dipublikasikan kok cuma tulisan adminnya? Postingan member lainnya mana? Cari pengunjung bagi blog pribadi berkedok komunitas, gitu? Kalau DA dan PA sudah tinggi, webnya dijual, gitu? Membernya mau dikemanakan, pak?

Syarat Bergabung: Wajib Posting Artikel


Suatu ketika, saya pernah menemui sebuah komunitas atau grup blogger, di mana anggotanya wajib menyetorkan satu buah artikel per minggunya. Perihal ini, maaf saya mundur duluan, deh!

Kalau dipikir-pikir, gak ada bedanya dengan "sapi perah".

Jika dipikir ulang, seharusnya, orang yang bertanggung jawab atas keseluruhan artikel yang ada di web komunitas, ialah dibuat dan dipublikasikan langsung oleh para member yang terpilih, bukannya malah dilimpahkan ke member biasa. Gak begitu caranya.

Nggak perlu posting artikel yang gimana-gimana. Cukup posting soal event, lomba blog, pertemuan, dan sejenisnya.

Daftar sebagai Keanggotaan (Member)


Awalnya gak ada yang salah kalau ditanya/diminta soal pendaftaran sebagai member. Cukup lampirkan nama, email, dan alamat blog; saya kira sudah cukup dan mewakili semuanya.

Cuma kalau sampai harus login akun Google di web tersebut, jangan dulu, deh.

Kalau gabung ya gabung saja, kek.

Berbeda ceritanya kalau prosedurnya cuma sebatas mengisi nama, email, dan alamat blog; lalu diminta bergabung ke suatu grup WhatsApp -- tempat berkumpulnya para anggota grup blogger, tentu saya akan mau. Kalau ada, rekomendasikan ke saya, pak/bu! ๐Ÿ™๐Ÿ˜

Navigasi Menunya Terasa Kaku dan Monoton


Andaikata menu, fungsi, penggunaan, dan layanannya selayaknya forum https://ads.id/forums/, baru 'lah bisa disebut sebagai forum atau komunitas blogger. Di mana semua orang bisa memposting, diawasi postingannya, semua orang bisa berkomentar, dan topik yang diangkat memang benar-benar "konten berkualitas".

Saya butuh komunitas yang seperti ini.

Lalu, Bergabung di Mana, dong?


Jawabannya: Facebook.

Alasannya karena grup-grup di FB yang paling mendekati https://ads.id/forums/; baik dari segi fitur, menu, pelayanan, dan penggunaannya.
Arief Ghozaly
Arief Ghozaly Blogger sejak 2014 - Suka Menulis, Membaca, SEO, Berbagi Cerita, Pengalaman, Eksplorasi, dan Kopi.

Posting Komentar untuk "Bingung Mau Gabung Komunitas Blogger yang Mana"