Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian SEO, Cara Kerja SEO, Jenis, Teknik, Strategi SEO

Kali ini, izinkan saya berbagi pemahaman dan penjelasan tentang SEO. Contohnya apa itu SEO, apa bedanya SEO On Page dan Off Page, cara kerja SEO, cara membuat SEO, jenis-jenis SEO, contoh SEO, teknik SEO, indikator SEO, tujuan dan manfaat SEO itu sendiri.

Punya web blog tapi web dan artikelnya tidak muncul di hasil pencarian Google? Mau artikelnya dikunjungi banyak pembaca? Mau trafik web blognya dikunjungi ratusan hingga ribuan orang per harinya? Mau jadi blogger profesional yang dikenal banyak orang? Ingin kontennya muncul di halaman pertama Google?

Pengertian SEO, Cara Kerja SEO, Jenis, Teknik, Strategi SEO
cheapwebdesign.co.uk

Semua masalah itu, terangkum di materi SEO yang akan dibahas kali ini.

Apa itu SEO? Pengertian SEO


SEO adalah gabungan antara teknik, taktik, dan strategi SEO (On Page dan Off Page) yang bertujuan untuk mengoptimasi web blog guna mendapatkan ranking terbaik di hasil penelusuran mesin pencari; misalnya Google, Bing, dan Yahoo!.

SEO dilakukan secara sistematis dengan memanfaatkan mekanisme kerja dari algoritma mesin pencari seperti menganalisa, mengimplementasikan, dan laporan (report).

Cara Kerja SEO


Setidaknya, ada 5 tahapan bagaimana proses atau cara kerja SEO itu berjalan. Dari yang awalnya hanyalah web blog biasa yang tidak muncul di mesin pencari, sampai web blog tersebut ditemukan oleh pembaca di Google -- yang selanjutnya web blog tersebut mereka kunjungi, entah karena artikelnya yang menarik atau produknya yang ingin dibeli.

1. Crawling


Yang pertama ada Crawling. Crawling (perayapan) adalah suatu proses pengambilan data halaman web blog yang dilakukan oleh Crawler, Spider, atau Google Bot mesin pencari. Pengambilan data halaman web yang selanjutnya dikumpulkan tersebut, akan disimpan di database mesin pencari.

Pengertian SEO, Cara Kerja SEO, Jenis, Teknik, Strategi SEO
yoast.org

Pengumpulan data halaman web blog tersebut meliputi namun tidak terbatas, contohnya seperti: homepage, postingan blog, Title Tag, Heading Tag, label (kategori), deskripsi artikel, bahkan halaman statis (Static Page) juga akan dirayapi.

2. Indexing


Indexing adalah proses pembuatan indeks untuk semua halaman web blog yang sudah dirayapi tadi (crawling), yang nantinya disimpan di database mesin pencari (Search Engine).

3. Processing


Cara kerja SEO selanjutnya adalah Processing, di mana mesin pencari seperti Google atau Bing, akan menerima dan memproses permintaan dari calon pengunjung yang akan mengunjungi web blog yang diinginkan.

Selanjutnya, mesin pencari akan memproses kata kunci (keyword) yang diketik oleh calon pengunjung, untuk kemudian dibandingkan dengan banyaknya halaman web blog yang relevan untuk ditampilkan di hasil penelusuran mesin pencari nantinya.

4. Calculating Relevancy


Cara kerja SEO selanjutnya adalah mengkalkulasikan relevansi konten. Di saat pengguna mengetikkan kata kunci (keyword) di kotak bar pencarian dan mengklik enter, maka akan terjadi proses perhitungan relevansi kata kunci dengan konten web blog yang sudah tersimpan di database indeks mesin pencari (Search Engine).

5. Retrieving Result


Poin terakhir bagaimana cara proses SEO itu bekerja adalah Retrieving Result. Pada momen ini, mesin pencari akan menampilkan 10 hasil pencarian dengan tingkat relevansi yang tepat berdasarkan kata kunci (keyword) yang diketik oleh pengguna tadi.

10 hasil pencarian tersebut akan berada di halaman pertama Google, Bing, dan Yahoo! berdasarkan kualitas konten, optimasi SEO, dan sesuai dengan kata kunci (keyword) yang diketik tadi.

Jenis-Jenis SEO


SEO sendiri terbagi dalam 3 kategori yakni: White Hat SEO, Gray Hat SEO, dan Black Hat SEO.

1. White Hat SEO


White Hat SEO merupakan teknik optimasi web blog yang dilakukan secara natural (alami) dan relevan, contohnya seperti membuat artikel berkualitas yang bernilai tinggi. Mendapatkan Backlink (Inbound Links) dari pembaca atau web blog lain tanpa paksaan atau suruhan juga merupakan "hasil" dari teknik White Hat SEO ini. Semuanya terjadi secara alami.

2. Grey Hat SEO


Grey Hat SEO merupakan teknik perpaduan keduanya, antara White Hat SEO dan Black Hat SEO. Contohnya seperti membuat artikel berkualitas di blog tapi menyisipkan terlalu banyak kata kunci (keyword) di dalam artikel.

3. Black Hat SEO


Black Hat SEO merupakan teknik SEO kotor yang bertujuan untuk meningkatkan ranking web blog di hasil penelusuran mesin pencari namun dengan cara-cara yang salah.

Caranya ada beragam seperti mematikan tombol fungsi kembali meninggalkan halaman web blog tersebut, kata kunci (keyword) yang ditulis di dalam artikel web blog tapi disamarkan dengan cara mengubah warna tulisan (font-color) menyesuaikan latar belakang (background), penggunaan Dynamic Heading Tag yang tidak wajar, dan banyak lagi.

Bagaimana dengan Blog https://www.ariefghozaly.web.id/?


Pertanyaan yang menarik dari kawan-kawan. Bagaimana dengan blog https://www.ariefghozaly.web.id/ yang sedang kawan-kawan kunjungi ini? Saya pribadi lebih berfokus pada konten berkualitas. Bisa dikatakan, fokus saya ada di teknik White Hat SEO.

Strategi dan Teknik SEO


SEO memiliki peranan penting dalam sebuah bisnis digital. Web blog yang menawarkan jasa atau produk, pastinya akan lebih mudah ditemukan di hasil penelusuran teratas Google, Bing, dan Yahoo! karena menggunakan strategi dan teknik SEO.

Nyatanya, teknik SEO tidak hanya sebatas terhadap produk dan jasa, melainkan baik konten Blogger dan YouTube juga bisa dioptimalkan SEO-nya agar lebih mudah muncul di halaman pertama Google.

Beberapa teknik SEO yang seringkali dilakukan adalah Cara Menulis Artikel Berkualitas dan Menarik di Blog dan Cara Membuat Gambar Artikel agar Menjadi SEO Friendly.

Klik di sini: Belajar SEO: Tutorial SEO Google untuk Blogger.

Tujuan dan Manfaat SEO


Jawabannya tergantung konten. Kalau kontennya berupa produk dan jasa, maka manfaat yang akan didapatkan adalah meningkatnya penjualan dari bisnis online tersebut. Insya Allah. Apabila kontennya artikel, maka akan meningkatkan trafik web blog tersebut, yang mana nantinya akan lebih mudah diterima ketika didaftarkan ke program Google AdSense serta mempengaruhi tinggi dan rendahnya penghasilan Google AdSense (jika sudah diterima).

SEO on Page dan SEO off Page


Teknik SEO itu terbagi dua yakni SEO on Page dan SEO off Page.

Pengertian SEO, Cara Kerja SEO, Jenis, Teknik, Strategi SEO
devopedia.org

Baik itu SEO on Page dan off Page, punya tujuan yang sama yakni meningkatkan trafik web blog. Hanya saja, keduanya memiliki langkah-langkah penerapan SEO yang berbeda.

Contohnya seperti membuat artikel berkualitas, merupakan bagian dari SEO on Page karena yang dioptimalkan adalah isi kontennya. Mesin pencari tahu mana konten berkualitas dengan yang tidak untuk ditampilkan di halaman pertama mereka. Berbeda dengan SEO off Page, mau kontennya tidak bagus, tetap bisa mendapatkan pengunjung, caranya yakni dengan membagikan artikel tersebut ke forum/komunitas atau dibagikan ke sosial media seperti Facebook atau Twitter -- tidak mengandalkan Google.

Jadi, itu bedanya.

SEO on Page VS SEO off Page


Mana yang lebih baik? Keduanya sama-sama baik, apalagi didukung dengan konten-konten yang berkualitas. Semuanya akan tampak lebih sempurna. Saya pribadi menggunakan kedua teknik SEO ini untuk meningkatkan trafik web blog.

Demikian pengertian SEO, apa bedanya SEO On Page dan Off Page, cara kerja SEO, cara membuat SEO, jenis-jenis SEO, contoh SEO, teknik SEO, indikator SEO, tujuan dan manfaat SEO itu sendiri.
Arief Ghozaly
Arief Ghozaly Blogger, Komputer, SEO, Xiaomi POCO, ThinkPad & Pecco #63. https://www.ariefghozaly.web.id/.

1 komentar untuk "Pengertian SEO, Cara Kerja SEO, Jenis, Teknik, Strategi SEO"

  1. Artikel nya selalu jelas en berkelas. Mantap bro

    BalasHapus

Silakan berkomentar menggunakan akun Google, Anonim atau Nama (URL). No Spam, Please... Komentar spam tidak akan dipublikasikan 😊

Kontes Lomba Blog
Kontes Lomba Blog