Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Cara Menulis Artikel Berkualitas dan Menarik

Kali ini, izinkan saya berbagi tutorial bagaimana caranya membuat artikel berkualitas yang unik dan menarik. Panduan ini menerangkan secara detail, di mana sobat tidak akan mendapatkan materinya di luar dari pada web blog ini.

Pada akhirnya, pengunjung blog atau pembaca akan merasa puas karena mereka baru saja membaca konten berkualitas yang telah sobat buat melalui panduan dari artikel ini.

Dalam pembuatan postingan blog berkualitas, apalagi ilmu SEO, jika ingin artikelnya muncul di halaman pertama Google, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah membuat konten berkualitas. Setidaknya, ada 17 kaidah bagaimana caranya membuat atau menulis artikel berkualitas di blog.

Menggunakan Google Fonts yang User Friendly


User Friendly di sini adalah ramah di mata pembaca, tidak membuat sakit atau bingung ketika dibaca. Dari sekian banyaknya jenis font, yang terbaik di antaranya adalah:

  • Google Sans
  • Raleway
  • Lato
  • Georgia
  • Roboto
  • Open Sans
  • Poppins

Saran terbaik dari saya adalah Roboto dan Georgia. Dua jenis font ini enak untuk dibaca. Ada pun font yang bernama Oswald, cocok dijadikan untuk judul artikel atau nama widget.

17 Cara Menulis Artikel Berkualitas dan Menarik
apitracker.io

Golden Ratio Typography (GRT) yang Tepat


Golden Ratio Typography (GRT) adalah perbandingan antara ukuran huruf (font size) dengan huruf yang ada di atasnya. Dikenal dengan istilah white space atau line-height.

17 Cara Menulis Artikel Berkualitas dan Menarik

Di dalam template blogger, tepatnya di CSS, ditulis dengan kode: line-height, dan nilainya sendiri berada di angka 1.4rem atau 2rem. Berbeda-beda. Contohnya:

h2.blog-title {
  margin:5px 25px 5px 0;
    text-transform:uppercase;
      font-size:28px;
      font-size:1.75rem;
    padding:0;
  line-height:2rem
}

Pastikan, nilai line-height pada template blogger, ditulis secara tepat. Pastikan juga jarak antar baris kalimat (atas-bawah) tidak terlalu menempel dan tidak terlalu longgar.

Background Putih dengan Teks Warna Hitam


Selanjutnya adalah pastikan bahwa background artikel berwarna putih, sedangkan teksnya berwarna hitam. Sobat bisa lihat contohnya di koran atau di majalah berita bola.

Ukuran Font di Blog


Ukuran font punya peran yang penting dalam penulisan artikel blog yang baik. Jika terlalu kecil, pembaca tidak nyaman. Apabila terlalu besar, pembaca akan terlalu sering menggulir halaman blog, yang mana, hal ini tidak disenangi oleh pembaca.

Biasanya, font size pada artikel berukuran 16px sampai 18px, sedangkan pada judulnya berukuran 24px hingga 32px. Silakan disesuaikan saja.

Setiap Paragraf Terdiri dari 3 hingga 5 Baris Kalimat


Salah satu ciri-ciri konten berkualitas adalah artikel yang dibuat, menggunakan paragraf. Di mana setiap paragraf yang diatur, terdiri dari 3 hingga 5 baris kalimat. Tujuannya agar pembaca merasa nyaman dengan tulisan sobat.

Jangan Terlalu Banyak Basa-Basi


Para penulis blog, biasanya, memanfaatkan awal paragraf dari artikel yang ditulis, diisi dengan kata kunci (keyword) yang ditarget. Agar artikelnya muncul di halaman pertama Google. Namun, usahakan untuk tidak melakukan itu lagi. Pembaca malas dengan basa-basi kecuali ada hal yang ingin disampaikan.

Menguasai Tema/Topik yang Dibahas


Artikel berkualitas sudah pasti ditulis oleh ahlinya. Maka, untuk bisa membuat artikel berkualitas, pastikan topik yang ditulis, sesuai dengan kemampuan dan keahlian sobat. Pastikan itu bidang sobat.

Sebaik-baiknya topik artikel adalah topik yang dikuasai. Passion.

Menggunakan Judul Artikel yang Jelas


Postingan blog berkualitas tidak pernah menggunakan teknik clickbait, adalah cara kotor yang memancing pengunjung blog untuk membuka artikel tersebut. Contohnya:


Clickbait identik mengorbankan kualitas dan akurasi artikel demi mendapatkan trafik blog, menggunakan kata-kata sensaional dan gambar yang tidak pantas. Kualitas artikelnya juga jelek. Pokoknya, clickbait membuat pembaca merasa penasaran.

Tidak Menggunakan Judul Artikel All Caps


Coba bandingkan 2 kalimat ini:

17 Cara Menulis Artikel Berkualitas dan Menarik

...dan...

17 CARA MENULIS ARTIKEL BERKUALITAS DAN MENARIK

Tentu, judul yang pertama adalah yang paling menarik untuk dilihat. Alasannya jelas, tidak menggunakan All Caps. Pembaca juga tidak pusing ketika membacanya.

Menggunakan Format Tulis Bold, Italic, Underline dan Strikethrough


Jika sobat ingin artikelnya dinilai berkualitas, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah menggunakan format tulis bold, italic dan underline. Apa perbedaannya?

Bold adalah penekanan atau penegasan kuat terhadap suatu kata atau kalimat dibandingkan teks lainnya, italic digunakan untuk kata-kata asing (kamus slang), sedangkan underline berfungsi untuk memberi garis bawah pada suatu teks.

Saya pribadi masih tidak mengetahui apa fungsi dari underline ini. Kalau boleh menebak, ada kaitannya dengan catatan kaki?

Yang terakhir, ada strikethrough, yakni garis tengah pada sebuah teks. Digunakan ketika memberi tahu bahwa teks tersebut tidak seharusnya ditulis tapi tetap ditulis.

Menggunakan Gambar dengan Kualitas HD


Selain isinya yang berbobot, konten berkualitas juga menggunakan gambar berkualitas. Kawan-kawan bisa mendapatkan (unduh) gambarnya di website Unplash, misalnya.

Menggunakan Internal Link (SEO Friendly)


Karena yang sobat adalah artikel berkualitas (berbobot tinggi), maka, mesti dipasangkan dengan internal link. Internal link adalah tautan yang dipasang di dalam artikel, lebih spesifiknya yakni ditempatkan di beberapa kata atau kalimat yang sedang dibaca. Contohnya: pertanyaan interview ketika masuk jurusan TKJ di SMK.

Perlu diingat, sebaik-baiknya internal link adalah tautan yang masih berkaitan langsung dengan isi artikel tersebut. Beberapa widget juga termasuk internal link, di antaranya: Popular Posts, Related Posts, Recent Posts, Labels, dan Recent Comments.

Hindari Gaya Tulis Artikel yang Dibagi per Halaman


Postingan blog bernilai tinggi tidak pernah menggunakan fitur bagi artikel per halaman, selayaknya web TribunNews. Pada dasarnya, hal ini cukup mengganggu pembaca, belum lagi loading blognya yang berat. Tentu tidak User Friendly.

Informatif, Kaya akan Informasi


Informatif berarti artikel yang dibuat memang benar-benar sangat bermanfaat bagi orang lain. Apabila sobat kekurangan bahan, bisa cari di Wikipedia.

Artikel yang Menarik

Yang dimaksud postingan blog yang menarik adalah artikel yang tidak pernah ditulis atau dibuat oleh siapa pun di dunia. Ibaratnya, sobatlah penemu konten itu. Biasanya, identik dengan topik pengalaman dari blog pribadi. Contohnya: pengalaman membeli motor sendirian di dealer honda.

Menggunakan Bahasa EYD yang Jelas


EYD adalah Ejaan yang Disempurnakan, merupakan tantangan pertama bagi penulis. Sobat harus tahu kapan kata "-di-" digunakan, kapan kata "-pun-" digunakan.

Revisi Artikel


Setelah membuat artikel blog, sebelum dipublikasikan, cek kembali apakah isi artikelnya ada yang salah atau tidak, tata letak huruf, ejaan, titik, koma dan sebagainya. Tambahkan bold, italic dan underline jika perlu.

Kesimpulan


Sebenarnya, membuat konten berkualitas itu susah-susah gampang. Yang perlu dilakukan, membiasakan. Nantinya, sobat akan terbiasa membuat konten berkualitas.
Arief Ghozaly
Arief Ghozaly Blogger, Komputer, SEO, Xiaomi POCO, ThinkPad & Pecco #63. https://www.ariefghozaly.web.id/.

2 komentar untuk "17 Cara Menulis Artikel Berkualitas dan Menarik"

  1. Gambar yang HD bukannya itu akan berpengaruh terhadap loading blog?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, memperberat loading web blog. Tapi bisa diakali dengan cara memasang script bantuan, menggunakan AMP blogger template, atau bisa juga beli template blog berbayar (premium) biasa (non-amp) yang sudah mendukung script yang dimaksud.

      Hapus

Silakan berkomentar menggunakan akun Google, Anonim atau Nama (URL). No Spam, Please... Komentar spam tidak akan dipublikasikan 😊

Kontes Lomba Blog
Kontes Lomba Blog